Breaking News
recent

Uji Coba 5G Ini Tunjukkan Kecepatan Internet yang Mencapai 3,6 Gbps!

Uji Coba 5G Ini Tunjukkan Kecepatan Internet yang Mencapai 3,6 Gbps!

Jika sebelumnya kita tahu kecepatan 4G LTE yang luar biasa kencang, kini saatnya kamu mengetahui seberapa cepatnya teknologi terbaru yakni 5G. Baru-baru ini uji coba teknologi ini dilakukan di Jepang oleh perusahaan Huawei dan NTT DoCoMo, dan hasilnya, kecepatan internet 5G yang menggunakan frekuensi 6Ghz menunjukkan 3,6Gbps. Tentu ini diluar dugaan kebanyakan orang.

Berkenaan dengan hal ini, kecepatan teknologi LTE paling tinggi yang ada di Selandia Baru memiliki kecepatan download rata-rata 36Mbps, sedangkan Amerika Serikat berkecepatan download rata-rata 10Mbps. Tentu kecepatan teknologi 5G ini berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding kecepatan LTE yang sudah saya sebutkan diatas.

Ilustrasi penggunaan 5G!

Sebelumnya, ada beberapa uji coba 5G yang dilakukan, namun diselenggarakan di laboratorium, berbeda dengan Huawei dan DoCoMo yang menyelenggarakan tes ini di luar laboratorium. Salah satunya dilakukan oleh Nokia dan Samsung yang membuat infrastruktur baru untuk mencapai teknologi 5G. Ada pula Verizon yang merencanakan akan mengembangkannya secara komersil tahun 2017. 

Verizon sendiri sudah mengumumkan bahwa tahun depan akan melakukan uji coba lapangan di Amerika Serikat, mereka menggandeng Nokia, Samsung, Cisco, Ericsson, Qualcom dan Alcatel-Lucent untuk menuju pencapaian tersebut. Organisasi ITU (International Telecommunication Union) juga ingin mengomersialkan 5G di tahun 2020. 

Layanan 5G diperkirakan akan dilakukan trial tahun ini dan pada tahun 2020 sudah direncanakan akan menjadi layanan komersial di dunia. Berhubung implementasi di Indonesia umumnya tertinggal 5 tahun, diperkirakan implementasi di Indonesia akan dilakukan pada tahun 2025.

Wah keren! Bisa dibayangkan jika dengan kecepatan LTE bisa mengunduh film dalam hitungan menit, maka bisa dijamin dengan 5G unduhan film favoritmu dapat selesai dalam satu kedipan mata. 

 
Unknown

Unknown

12 komentar:

  1. woow... mungkin nanti download belum kepencet button nya udah selesai download nya :v
    tapi sayang masih lama 10 tahun lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe betul banget :) Tapi perjuangan kita selama 10 tahun pasti akan terbayar gan :D Untuk saat ini mungkin pakai 4G dulu.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Memang keren gan .. lebih keren lagi kalo implementasi nya lebih cepat :D

      Hapus
  3. Hmmmm.. Dipikirkan untuk dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmm.. untuk apa dicoba? :D Padahal belum di rilis .

      Hapus
  4. 4G aja masih susah di indonesia. :( psti lebih dari 10 thn kalo 5G mau ke indonesia

    BalasHapus
  5. mantap nih, HP saya aja masih 2.5G :D

    BalasHapus
  6. saya malahan baru kenal sama 4G, canggih benar dah dunia.

    BalasHapus
  7. 10 Tahun lagi nunggu sudah punya anak ratusan haha

    BalasHapus
  8. semakin lama semakin meningkat aja gan sinyal nya
    tapi di kota ane masih 3g yg bisa, 4g aja belum ada

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.